publiknasional.com

Berita Populer

powered by camp26

Video

.

Elektronik KTP Disosialisasikan

Email Cetak PDF
alt JOMBANG, publiknasional.com
Program pemerintah untuk memantau laju pertumbuhan penduduk melalui Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) segera bergulir. Mulai Senin (18/7/2011) siang, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil akan memberikan sosialisasi sistem 1 KTP untuk 1 Penduduk tersebut.
Hal itu disampaikan Bupati Jombang, Suyanto, saat berpidato di depan Korps Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lapangan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.
Menurut Bupati Jombang, sistem E-KTP yang merupakan program pemerintah pusat memiliki jaringan ke satu database yang tak memungkinkan penduduk memiliki kartu identitas dobel. "Hanya bisa punya 1 KTP dengan sistem biometrik, jadi keakuratan tak perlu diragukan," kata Suyanto.
Dengan sistem E-KTP ini, lanjut Suyanto, pemerintah tak perlu repot dalam proses pendataan penduduk seperti sebelumnya.
Dipaparkan Suyanto, E-KTP digadang sebagai solusi paling tepat untuk mengatasi amburadulnya data kependudukan. Dengan menerapkan SIAK atau Sistem Informasi Administrasi Kependudukan yang disusun berdasarkan prosedur-prosedur dan standarisasi khusus, sistem ini dapat menata sistem administrasi kependudukan yang tertib dokumen dan administrasi di bidang kependudukan.
Tanpa adanya KTP maupun data kependudukan yang akurat, sangat mustahil menyusun program yang tepat bagi pembangunan daerah. Penyusunan program pembangunan yang didasarkan pada data kependudukan yang tidak akurat, akan menimbulkan masalah dan tidak tepat sasaran. Administrasi kependudukan ini memiliki database, NIK maupun dokumen kependudukan (KTP) merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi.
Penerapan Program SIAK di Indonesia sendiri diatur dengan Keputusan Presiden (Keppres) No 88/2004 tentang Pengelolaan Administrasi Kependudukan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 18/2005 tentang Administrasi Kependudukan. Program SIAK mengandung 3 unsur yakni Nomor Pengenal Tunggal (NIK), Blangko Standar Nasional seperti KK, KTP, Buku, Register, Akta Catatan Sipil, dan Formulir-formulir Standar Nasional (termasuk kodefikasinya).
Secara hukum SIAK dapat berfungsi melindungi, mengakui / mengesahkan status kependudukan atau peristiwa vital (vital event) yang dialami penduduk. "Persoalan kependudukan dapat diminimalisir dengan penerapan sistem ini," tegas Suyanto. Diharapkan, masyarakat dan aparatur pemerintah turut berpartisipasi menyukseskan program pemerintah pusat ini. (**)
Sumber: jombangkab.go.id

Ucapan

SELAMAT
HARI PERS NASIONAL (HPN) Ke-68 Tahun 2014
"Melalui HPN, Mari Kita Berbagi Rasa Kemanusiaan
Atas Bencana Gunung Kelud"
PT JAWA METALINDO PRIMA INDUSTRI SIDOARJO
PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Darmo
Jl. Raya Diponegoro - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Perak
Jl. Perak Timur 82 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Rungkut
Jl. Jemursari No.6 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Karimun Jawa
Jl. Karimun Jaya - Surabaya


Lentera Hati

INILAH KIAT SUKSES MENJADI ISTRI SHOLEHAH
Istri cerdik yang sholehah, 
penawar hati penyejuk pikiran. 
Di rumah dia sebagai istri, di jalanan dia sebagai kawan, 
dikala suami ...
Baca Selengkapnya...
IBU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA
Oleh: Sri Kusnaeni, S. TP. ME.I *)


Bismillahirrahmaaniraahim…
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia akan memperingati hari tersebut ...
Baca Selengkapnya...
MARHABAN YA RAMADHAN
Mengucapkan:

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA
RAMADHAN 1433 HIJRIYAH

SD AL-ISHLAH
Jalan  Raya Rejeni No. 1 Desa Rejeni, ...
Baca Selengkapnya...

Mahkamah Agung Buat Putusan Berani

JAKARTA, publiknasional.com

 

Mahkamah Agung (MA) kembali membuat putusan berani. Setelah Pengadilan Tipikor Bandung membebaskan Walikota Nonaktif Bekasi, Mochtar Mohammad, kini justru Baca selengkapnya...Link