publiknasional.com

ICW: Korupsi Sudah Menjalar ke Sekolah

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
alt JAKARTA, publiknasional.com
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, praktik korupsi di Indonesia sudah menjalar ke berbagai sektor, termasuk ke sekolah dan pondok pesantren.
"Praktik korupsi tersebut, dilakukan dengan berbagai modus. Modisnya mulai dari amatiran hingga profesional," kata Kepala Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW, Ade Irawan, pada diskusi Indonesiaku Dibelenggu Koruptor, di Jakarta, Sabtu (4/6/2011).
Pembicara lainnya pada diskusi tersebut adalah pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan pengamat ekonomi dari Econit Advisory Group Hendri Saparini.
Menurut Ade Irawan, dari riset yang dilakukan LSM ICW, praktik korupsi di Indonesia sudah menjalar hingga ke sekolah dan pondok pesantren.
Berdasarkan pengalamannya, Ade pernah menemui kasus di sebuah pondok pesantren, ada santri yang mendapat bantuan, tapi dia harus menyetor infaq sekitar 10 persen dari bantuan diterimanya.
Sedangkan di sekolah, kata dia, praktik korupsi dilakukan guru dengan modus meminta sumbangan kepada orang tua murid dengan dalih bermacam-macam. Menurut Ade, pola-pola korupsi yang kelihatannya ringan tersebut tapi dilakukan secara sistemik.
"Korupsi yang dilakukan di sekolah dan pondok pesentran, sebagian disetor ke dinas. Dari dinas sebagian di setor ke kepala daerah. Kemudian dari kepala daerah sebagian disetor partai politik," katanya.
Pada kesempatan tersebut, Ade juga melontarkan joke dengan mengatakan korupsi di Kementerian Agama juga cukup tinggi.
Ketika ditanya, mengapa pejabat Kementerian Agama yang memahami ajaran agama masih melakukan praktik korupsi. "Pejabat tersebut mengatakan, karena kami tahu cara bertobatnya," katanya. (**)
Sumber: metrotvnews.com

Ucapan

Lihat
BANK UMKM JAWA TIMUR
Mengucapkan
Selamat Hari Disabilitas Internasional
3 Desember 2015
" Wujudkan Masyarakat Inklusif Melalui Undang-Undang Disabilitas dan Strategi Multi Sektoral"
____________________________________
Lihat
____________________________________

Menpan Ingatkan Gubernur Tingkatkan Pelayanan Publik

MATARAM, publiknasional.com

Masih rendahnya pelayanan publik di NTB juga mengundang sorotan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB)  Azwar Abubakar. Menurutnya, pelayanan publik yang rendah berkorelasi dan menandakan kinerja birokrasi yang belum optimal

Baca selengkapnya...Link