publiknasional.com

Berita Populer

powered by camp26

Video

.

PKK Gelar Lomba Cipta Menu Nonberas

Email Cetak PDF
alt MOJOKERTO, publiknasional.com
Ada yang berbeda pada pleno Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Mojokerto pada April 2011 ini. Hal yang berbeda itu, karena pleno dikemas dalam rangka peringatan Hari Kartini dan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-718 bertempat di Pendopo Graha Maja Tama, Selasa (12/4/2011). Kegiatan ini mengambil tema “Peningkatan kualitas peran domestik dan peran Publik bagi Kaum Perempuan”.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Dr Hj Ikfina Mustofa Kamal Pasa, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota PKK dan DWP Kabupaten Mojokerto yang telah berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini dan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-718 tahun 2011. ”Dalam upaya peningkatan kualitas SDM (sumber daya manusia), Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto akan terus melakukan pembinaan administratif serta kemampuan anggota dalam membina keluarga bahagia dan meningkatkan kesejahteraan, sebagaimana tujuan pembentukan PKK,” ungkap Ikfina.
Berbagai rangkaian kegiatan dihelat secara estafet, disamping acara rutin berupa pembacaan notulen dan laporan dari masing-masing bidang. Pleno PKK kali ini diisi kegiatan antara lain Sosialisasi Rumah Pangan Lestari yang disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mojokerto Ir Rudi Supriyanto MM; Seminar bertajuk “Peningkatan kualitas peran domestik dan peran publik bagi kaum perempuan” yang dipaparkan oleh Ir Munarsih MM selaku Ketua Perwosi, LPA, Sekretaris PKK Kota Batu, dan Gender vocal point Kota Batu; serta Lomba Cipta Menu Makanan tingkat kecamatan se-Kabupaten Mojokerto.
Dalam sosialisasinya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mojokerto Rudi Supriyanto, menjelaskan tentang bagaimana memanfaatkan halaman rumah dan lorong sekitar rumah dengan media polybag/pot. Jenis tanaman yang ditanam yaitu sayuran dan toga agar dapat bermanfaat langsung untuk kebutuhan sehari-hari. Disamping itu, juga dikenalkan budidaya ikan model kolam plastik. Sebagai sarana penyimpanan hasil panen dikenalkan model lumbung pangan sebagai kawasan pangan lestari. Kawasan Rumah Pangan Lestari di Kabupaten Mojokerto mulai diterapkan di Desa Kebon Tunggul, Kecamatan Gondang.
Sedangkan Ketua Perwosi LPA Munarsih dalam seminar motivasinya mengungkapkan, kunci sukses peran ganda seorang perempuan yang ditunjang oleh lima kecerdasan. Masing-masing cerdas spiritual, intelektual, financial, sosial, dan bidang kesehatan. "Keseimbangan dua peran bagi seorang perempuan membutuhkan jiwa militan gigih, pantang menyerah, dan pantang berputus asa. Sehingga dapat melakukan aktivitas sebagai peran ibi rumah tangga dan wanita karier secara optimal,” tegas Munasih.
Sebagai kegiatan puncak pleno bulan ini adalah lomba cipta menu, yang bertema Makanan 3 BA (bergizi, beragam, berimbang dan aman) berbasis umbi-umbian potensi sumber daya wilayah tingkat kecamatan se-Kabupaten Mojokerto. Juri kegiatan lomba ini adalah Sulistyo Hariyono Sp (Dinas Ketahanan Pangan), Rahmadi (PKK), Eky Andriani SGz (Dinas Kesehatan), Arif (Majalah KOKI). Sedangkan para pemenang pada lomba ini yaitu Juara I meja nomor 5 dari Kecamatan Trawas, juara II meja nomor 9 dari Kecamatan Pacet, dan juara III meja nomor 15 dari Kecamatan Mojoanyar.
Sumber: mojokertokab.go.id

Ucapan


Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke-69

PT. JAWA METALINDO PRIMA INDUSTRI

Lentera Hati

INILAH KIAT SUKSES MENJADI ISTRI SHOLEHAH
Istri cerdik yang sholehah, 
penawar hati penyejuk pikiran. 
Di rumah dia sebagai istri, di jalanan dia sebagai kawan, 
dikala suami ...
Baca Selengkapnya...
IBU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA
Oleh: Sri Kusnaeni, S. TP. ME.I *)


Bismillahirrahmaaniraahim…
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia akan memperingati hari tersebut ...
Baca Selengkapnya...
MARHABAN YA RAMADHAN
Mengucapkan:

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA
RAMADHAN 1433 HIJRIYAH

SD AL-ISHLAH
Jalan  Raya Rejeni No. 1 Desa Rejeni, ...
Baca Selengkapnya...

Pemprov Khawatirkan Pelayanan Publik Terganggu

MATARAM, publiknasional.com

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengkhawatirkan pelayanan publik di Kabupaten Bima akan terganggu karena polemik usaha Baca selengkapnya...Link