publiknasional.com

Berita Populer

powered by camp26

Video

.

Peternak Jangkrik Kuwalahan Cukupi Pasar

Penilaian User: / 12
TerburukTerbaik 

BANYUWANGI, publiknasional.com

Peternak jangkrik di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kewalahan dengan permintaan jangkrik yang terus bertambah. Bahkan setiap harinya mereka

harus memenuhi permintaan pasar hingga 2 kuintal. Demikian diungkapkan Tulus Adi Surendra (25), ketua Paguyuban Peternak Jangkrik Banyuwangi ”Cendana”.

 

 

Di usianya yang relatif muda, Tulus bersama 20 rekannya yang rata-rata juga masih muda ini menekuni usaha budidaya jangkrik. Dengan bermodalkan swadaya tanpa campur tangan pemerintah ataupun pihak perbankan, mereka mampu berdikari. Bahkan permintaan yang terus bertambah, justru membuat mereka kewalahan.


Awal usaha jangkrik ini, menurut Tulus, dirinya bermodalkan Rp 4 juta. Dengan perincian untuk sewa lokasi Rp 2 juta, sedangkan Rp 2 juta lagi untuk membuat kandang jangkrik, membeli bibit, pakan, dan tray atau tempat telur jangkrik.


Kotak kayu berukuran 1 x 3 meter dengan tinggi 1 meter, dibuat oleh Tulus sendiri sebagai tempat untuk membudidayakan jangkrik. Untuk 1 kotak kecil,  menurut Tulus, bisa menghasilkan 30 kg jangkrik. Sedangkan untuk kotak besar bisa mencapai 50 kg jangkrik.



”Dari teori yang saya pelajari dari buku, untuk 1 Kg jangkrik berjumlah antara 1000 hingga 1200 ekor jangkrik. Tergantung dari besar kecilnya jangkrik,” ujar Tulus.



Dari mulai telur hingga siap panen, dijelaskan Tulus, durasinya antara 22 hingga 25 hari. Sedangkan untuk makanan pokok dari jangkrik-jangkrik yang dipeliharanya, Tulus memberikan konsentrat sebagai makanan utama. Sedangkan untuk makanan tambahan, biasanya dia memberikan daun-daunan. Sementara, jangkrik yang dipelihara sebagai indukan untuk diambil telurnya, diberikan pakan sayuran, yakni kecambah, wortel dan jagung muda. Pemberian sayuran ini diberikan kombinasi, yakni sehari kecambah, besoknya diberi pakan wortel, dan hari berikutnya jagung muda.


”Tapi makanan kesukaan dari jangkrik ini adalah batang pohon pepaya. Untuk 1 kotak jangkrik bisa menghabiskan 2 hingga 3 batang pohon pepaya yang tingginya sudah 2 atau 3 meter,” ungkap Tulus.



Musuh utama atau predator dari peternak jangkrik ini adalah tikus, cecak, dan semut. Ketika tikus sudah menyerang, 2 atau 3 ekor tikus bisa menghabiskan jangkrik 1 kotak besar dalam waktu sekejap. Untuk mengantisipasi serangan tikus dan cecak, Tulus memberikan kawat ram sebagai penutup dari kotak. Sedangkan untuk serangan semut, kaki kotak pemeliharaan jangkrik diolesi dengan oli bekas atau minyak tanah.

 

"Kendala utama dalam pembudidayaan jangkrik ini adalah cuaca buruk. Dengan adanya cuaca yang cukup ekstrem akhir-akhir ini, memperlambat proses multing (ganti kulit) bagi jangkrik yang akan dijadikan indukan," tuturnya.


Pemasaran ternak jangkrik di Banyuwangi, ungkap Tulus, tidak sulit. Sebab, para penghobies burung ocehan, pemelihara ikan arwana, maupun peternak tokek banyak memburu jangkrik yang diternakannya. Begitu juga dengan para pemancing ikan laut, memakai jangkrik sebagai umpan pancingannya.


Bukan hanya jangkriknya yang dijual, untuk telur jangkrik juga laku di pasaran. Harga perkilogram telur jangkrik mencapai Rp 350.000. Sedangkan untuk anggota Paguyuban Peternak Jangkrik ”Cendana” sendiri, bisa membeli telur jangkrik senilai Rp 250.000. (**)

Sumber: zonaberita.com

Ucapan

Lihat
17 Oktober 2001 - 2014 Dirgahayu Kota Wisata Batu Ke-13 Ayo!!! Kembangkan Keatifitas & Inovasimu Demi Kejayaan Kota Batu Bagian Humas

Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke-69

PT. JAWA METALINDO PRIMA INDUSTRI

Lentera Hati

INILAH KIAT SUKSES MENJADI ISTRI SHOLEHAH
Istri cerdik yang sholehah, 
penawar hati penyejuk pikiran. 
Di rumah dia sebagai istri, di jalanan dia sebagai kawan, 
dikala suami ...
Baca Selengkapnya...
IBU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA
Oleh: Sri Kusnaeni, S. TP. ME.I *)


Bismillahirrahmaaniraahim…
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia akan memperingati hari tersebut ...
Baca Selengkapnya...
MARHABAN YA RAMADHAN
Mengucapkan:

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA
RAMADHAN 1433 HIJRIYAH

SD AL-ISHLAH
Jalan  Raya Rejeni No. 1 Desa Rejeni, ...
Baca Selengkapnya...

Buruh Bekasi Bergerak Demonstrasi ke PTUN

BANDUNG, publiknasional.com

Ribuan pekerja yang tergabung dalam Buruh Bekasi Bergerak, Rabu (11/1/2012) melakukan demonstrasi di depan kantor Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung, Jalan Baca selengkapnya...Link