publiknasional.com

Berita Populer

powered by camp26

Video

.

Walhi Tetap Komitmen Dalam Penyelamatan Lingkungan

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

 

SURABAYA, publiknasional.com

Awal Februari lalu, tim publiknasional.com berkunjung ke kantor Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Timur, Jalan Barata Jaya, Surabaya. Tim publiknasional.com diterima Ketua Walhi Jatim, Bambang Catur Nusantara.

Berikut adalah hasil wawancara antara tim publiknasional.com dan Ketua Walhi Jatim, Bambang Catur Nusantara:

 

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Timur sejak berdirinya Juni 1982 terus memegang komitmen untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat dan penyelamatan lingkungan. Sebagaimana diketahui akhir-akhir ini terdapat banyak bencana alam, apa yang dicermati Walhi terkait bencana alam yang terjadi ?

Sebenarnya bencana alam yang terjadi, bila dicermati ada tiga klasifikasi. Pertama, sebab alam itu sendiri. Kedua, campur tangan manusia. Dan ketiga, kombinasi keduanya.

Contoh bencana alam yang terjadi akibat kombinasi keduanya, adalah bencana alam di Yogyakarta. Peristiwanya karena alam, tapi perbesaran dampaknya karena campur tangan manusia. Artinya, karena kesalahan desain tata wilayahnya yang seharusnya tidak digunakan untuk pemukiman, tapi faktanya digunakan untuk pemukiman. Dan ketika bencana alam terjadi di wilayah tersebut, maka dampaknya luar biasa bagi masyarakat yang menghuni kawasan pemukiman tersebut.


Tidak hanya itu. Di bidang penambangan, ada 33 wilayah penambangan di Jawa Timur. Jika penambangan itu dekat dengan pemukiman penduduk dan ketika penambangan tersebut dilaksanakan, maka pertanyaannya adalah, apakah sumber energi tersebut dinikmati oleh warga setempat?

 

Jika penambangan dikerjakan, pertanyaannya adalah sumber daya manusia (SDM) Indonesia sebenarnya diperuntukkan untuk siapa? Jika penambangan tetap dilakukan, seberapa besar pemasukan yang diterima APBD dari sektor penambangan? Jika penambangan mengalami kegagalan dan kesalahan dalam melakukan penambangan menimbulkan bencana, sebagaimana krisis yang terjadi di Jawa Timur, maka untuk menutup cost-nya (biayanya) dalam kurun waktu 10 tahun, mungkin APBD tidak akan mungkin sanggup menutup kerugian yang timbul akibat kegagalan dalam penambangan.

Jika bencana alam disebabkan karena faktor kombinasi keduanya, apa yang dilakukan Walhi?


Yang dilakukan Walhi sebagai organisasi nonpemerintah nirlaba, adalah melihat bagaimana kebijakan tentang pengelolaan ruang. Pengelolaan dianggap penting, ketika harus dihadapkan pada pengelolaan proyek dan sebagainaya. Pertanyaan yang muncul, tata ruang di suatu wilayah digunakan untuk apa?


Jika terdapat kesalahan penggunaan tata kelola ruang, Walhi mengingatkan harus ada koreksi ulang yang terkait dengan kondisi kenyataan di wilayahnya secara keseluruhan RT/RW-nya. Karena data yang tidak benar, maka perencanaannya juga mengalami kekeliruan. Sehingga perlu dicek ulang, itu menjadi tugas pemerintah di wilayah kabupaten/kota seluruh Jatim untuk mendesain ulang. Sehingga ada jaminan keselamatan atas wilayah yang berpenghuni ini.


Untuk menekan terjadinya kesalahan kelola tata ruang yang akan berakibat munculnya suatu bencana, apakah Walhi saat ini atau ke depan memiliki program yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyelamatan lingkungannya? Atau menggandeng pihak lain atau duduk bareng menjalin komunikasi dengan pihak pengusaha atau pemerintah atau masyarakat terkait dengan penataan lingkungan?


Sebenarnya tugas komunikasi dengan pihak perusahaan adalah tugas pemerintah. Perusahaan juga melaksanakan kebijakan, itu benar,  maka tidak timbul masalah. Walhi berupaya meningkatkan kontrol.


Kontrol yang dilakukan Walhi melalui edukasi di kampus, lingkungan mahasiswa, dan di kampung lingkungan masyarakat. Seperti sosialisasi amdal atau perencanaan amdal yang melibatkan masyarakat sekitar lingkungan perusahaan. (zulkarnain)

 

 

Ucapan

SELAMAT
HARI PERS NASIONAL (HPN) Ke-68 Tahun 2014
"Melalui HPN, Mari Kita Berbagi Rasa Kemanusiaan
Atas Bencana Gunung Kelud"
PT JAWA METALINDO PRIMA INDUSTRI SIDOARJO
PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Darmo
Jl. Raya Diponegoro - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Perak
Jl. Perak Timur 82 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Rungkut
Jl. Jemursari No.6 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Karimun Jawa
Jl. Karimun Jaya - Surabaya


Lentera Hati

INILAH KIAT SUKSES MENJADI ISTRI SHOLEHAH
Istri cerdik yang sholehah, 
penawar hati penyejuk pikiran. 
Di rumah dia sebagai istri, di jalanan dia sebagai kawan, 
dikala suami ...
Baca Selengkapnya...
IBU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA
Oleh: Sri Kusnaeni, S. TP. ME.I *)


Bismillahirrahmaaniraahim…
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia akan memperingati hari tersebut ...
Baca Selengkapnya...
MARHABAN YA RAMADHAN
Mengucapkan:

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA
RAMADHAN 1433 HIJRIYAH

SD AL-ISHLAH
Jalan  Raya Rejeni No. 1 Desa Rejeni, ...
Baca Selengkapnya...

Komite Sekolah Butuh Evaluasi Total

JAKARTA ,publiknasional.com


Berjalan satu dekade, komite sekolah belum menunjukkan tajinya sebagai badan independen penyalur aspirasi masyarakat ke sekolah. Sebaliknya mereka cenderung menjadi alat pengeruk

Baca selengkapnya...Link