publiknasional.com

Berita Populer

powered by camp26

Video

.

UMK Kabupaten Madiun Diusulkan Naik

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

MADIUN, publiknasional.com

Pemerintah Kabupateh (Pemkab) Madiun dan Dewan Pengupahan Daerah setempat menyerahkan tiga usulan upah minimum kabupaten

(UMK) 2013 kepada Bupati Madiun untuk diberlakukan pada tahun 2013. Jumlah tersebut diusulkan naik jika dibanding dengan tahun 2012.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Madiun, Suyadi, mengatakan, untuk pengusulan UMK kali ini pihaknya memberikan tiga pilihan nominal ketiga usulan tersebut. Yakni sebesar Rp 850.000, Rp 896.602, dan Rp 896.700.

"UMK Kabupaten Madiun tahun 2012 ini kan mencapai Rp 775.000 per bulan. Untuk pengusulan UMK untuk tahun 2013 ini memang kita usulkan meningkat. Dari tiga usulan itu, kelihatannya alternatif UMK yang ketiga atau Rp 896,700 yang disetujui," ujar Suyadi, Rabu (10/10/2012).

Suyadi mempredisi, usulan ketiga tersebut kesempatannya paling banyak dipilih. Hal itu dikarenakan nominal Rp 896.700 tersebut yang mendekati capaian Kebutuhan Hidup Layak (KHL) untuk wilayah Kabupaten Madiun.

Ia menjelaskan, untuk menentukan besaran KHL, pihak Dewan Pengupahan Daerah yang beranggotakan akademisi, perusahaan, dan serikat pekerja ini telah melakukan survei KHL di sejumlah pusat perekonomian di Kabupaten Madiun. Di antaranya di daerah Pasar Caruban, Dolopo, dan Pagotan.

"Dari hasil survei yang dilakukan oleh tim gabungan pada bulan September kemarin, KHL Kabupaten Madiun mencapai Rp 890.805. Dewan pengupahan memprediksi KHL akhir tahun akan naik hingga Rp 915.000," kata dia.

Naiknya KHL tersebut, dikarenakan ada perubahan item yang disurvei. Jika tahun lalu hanya ada 40 item yang disurvei harganya, kini mencapai 62 item. Bahkan ada kebutuhan sekuder yang kini masuk dalam primer.

"Yang paling mencengangkan adalah masuknya sarung dan peci dalam kebutuhan primer yang ikut disurvei. Selain itu peningkatan KHL tersebut juga dikarenakan naiknya harga sejumlah bahan pokok," ucap Suyadi. [beritajatim.com/syam]

 

Ucapan

Lihat
BANK UMKM JAWA TIMUR
Mengucapkan
Selamat Hari Disabilitas Internasional
3 Desember 2015
" Wujudkan Masyarakat Inklusif Melalui Undang-Undang Disabilitas dan Strategi Multi Sektoral"
____________________________________
Lihat
____________________________________

Lentera Hati

MEMBUKA LEMBARAN HIDUP BARU
Membuka Lembaran Hidup Baru  sering dikaitkan dengan hidup baru seperti saat kita baru kuliah, baru menikah, baru masuk ke perusahaan ...
Baca Selengkapnya...
INILAH KIAT SUKSES MENJADI ISTRI SHOLEHAH
Istri cerdik yang sholehah, 
penawar hati penyejuk pikiran. 
Di rumah dia sebagai istri, di jalanan dia sebagai kawan, 
dikala suami ...
Baca Selengkapnya...
IBU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA
Oleh: Sri Kusnaeni, S. TP. ME.I *)


Bismillahirrahmaaniraahim…
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia akan memperingati hari tersebut ...
Baca Selengkapnya...

PT IMN Diduga Salahi Izin Konservasi

JAKARTA, publiknasional.com


Lokasi pertambangan PT Indo Multi Niaga (IMN) di Tumpang Pitu, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terindikasi melanggar izin konservasi lahan hutan.

Baca selengkapnya...Link