publiknasional.com

Berita Populer

powered by camp26

Video

.

Pemaksaan Beli Logo Sekolah Merebak, DPRD Surabaya Berang

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

SURABAYA ,publiknasional.com

Cara tegas diinstruksikan DPRD Surabaya untuk menyikapi pemaksaan pembelian seragam sekolah saat daftar ulang.  Dewan menganjurkan siswa mengenakan seragam tanpa

bedge atau logo pengenal sekolah selama seragam yang dipakai sesuai standar nasional, jika sekolah memaksa membeli seragam berlogo.

"Tidak ada aturan yang mewajibkan siswa mengenakan bedge atau logo sekolah, yang diwajibkan hanya seragam. namun beberapa kasus, sekolah 'meng-akali' siswanya dengan menjadikan satu paket antara seragam dengan bedge atau logo sekolah," kata Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono.

Baktiono menganggap hal ini jelas pembodohan, pasalnya bedge tersebut merupakan pesanan sendiri oleh sekolah. "Standarnya kan abu-abu untuk celana dan hem putih untuk atasan. Untuk bedge yang pasti ya bedge OSIS, di luar itu tambahan yang tidak wajib," tegasnya.

Penegasan Baktiono ini dimaksudkan untuk mencegah sekolah yang melakukan pemaksaan pembelian seragam sekolah dengan selubung bedge khusus sekolah dan bedge kelas tidak bisa dijual terpisah dengan seragam.

"Bedge khusus sekolah dan bedge kelas itu kan tidak wajib, dan seharusnya sekolah menyediakan di koperasi sekolah. Saya tegaskan pula, seragam nasional bisa saja diusahakan sendiri oleh siswa tidak wajib disediakan sekolah," terang Baktiono.

Berdasarkan laporan yang masuk di DPRD di beberapa sekolah negeri memang ada kasus pemaksaan secara terselubung untuk pembelian seragam nasional oleh sekolah. Salah satu  metodenya adalah alasan tidak tersedianya bedge khusus sekolah dan kelas di koperasi sekolah, sehingga siswa harus membeli seragam dari sekolah waktu daftar ulang.

Salah satunya,Ahmad (bukan nama sebenarnya) yang mengeluhkan anaknya harus membayar Rp 700 ribu untuk biaya seragam saat daftar ulang di SMKN 4 Surabaya. Menurutnya pihak sekolah tidak memperbolehkan anaknya mengurangi jumlah pembayaran dengan berniat membeli sendiri seragam nasional. "Bedge sekolah dan kelas dinyatakan tidak disediakan koperasi sekolah, jadi harus beli sekalian seragamnya," ujar sumber.

"Kalau kewajiban membeli seragam terselubung dengan bedge seperti itu berarti pemaksaan," tambah Puji Rahayu,anggota Komisi D yang lain.

Sementara itu mengenai ketiadaan jatah seragam sekolah gratis bagi Gakin, Baktiono menyebut hal itu kesalahan murni dari pihak Pemkot. Menurutnya jatah seragam gratis seharusnya sudah bisa diterimakan kepada siswa Gakin saat ini. Baktiono menyayangkan buruknya koordinasi antara Dindik dengan bagian Perlengkapan Pemkot sebagai panitia penyediaan. Menurutnya tidak bisa Dindik menyatakan belum ada data siswa gakin dan pihak Perlengkapanpun menyatakan demikian.

"Kalau masalahnya data siswa Gakin yang belum ada , itu tidak masuk akal. Jatah kuota Gakin sudah ditetapkan 5% dari pagu sekolah. Seharusnya bisa dihitung bahkan sejak enam bulan lalu, karena pagu sekolah sudah ada saat itu," pungkas Baktiono.

Sumber   :  beritajatim.com

 

Ucapan

SELAMAT
HARI PERS NASIONAL (HPN) Ke-68 Tahun 2014
"Melalui HPN, Mari Kita Berbagi Rasa Kemanusiaan
Atas Bencana Gunung Kelud"
PT JAWA METALINDO PRIMA INDUSTRI SIDOARJO
PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Darmo
Jl. Raya Diponegoro - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Perak
Jl. Perak Timur 82 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Rungkut
Jl. Jemursari No.6 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Karimun Jawa
Jl. Karimun Jaya - Surabaya


Lentera Hati

INILAH KIAT SUKSES MENJADI ISTRI SHOLEHAH
Istri cerdik yang sholehah, 
penawar hati penyejuk pikiran. 
Di rumah dia sebagai istri, di jalanan dia sebagai kawan, 
dikala suami ...
Baca Selengkapnya...
IBU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA
Oleh: Sri Kusnaeni, S. TP. ME.I *)


Bismillahirrahmaaniraahim…
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia akan memperingati hari tersebut ...
Baca Selengkapnya...
MARHABAN YA RAMADHAN
Mengucapkan:

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA
RAMADHAN 1433 HIJRIYAH

SD AL-ISHLAH
Jalan  Raya Rejeni No. 1 Desa Rejeni, ...
Baca Selengkapnya...

Penghasilan Transmigran Capai Rp 263,3 Juta

JAKARTA, publiknasional.com

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muahimin Iskandar, memberikan penghargaan Transmigran Teladan dan Petugas Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan Tingkat Nasional tahun 2011 di Jakarta, Senin (15/8/2011).

Baca selengkapnya...Link