publiknasional.com

Berita Populer

powered by camp26

Video

.

Kualitas Universitas Hang Tuah Surabaya Dipercaya Masyarakat

Penilaian User: / 5
TerburukTerbaik 

 


DARI tahun ke tahun, sejak berdiri tahun 1987, Universitas Hang Tuah Surabaya semakin menunjukkan eksistensinya sebagai universitas yang patut diperhitungkan oleh semua pihak. Terlebih lagi, Universitas Hang Tuah Surabaya berusaha ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa

guna melahirkan dan membina sumber daya manusia (SDM)  yang ahli dan terampil di bidangnya.

 

 

 

Kenyataan tersebut tidak dapat dipungkiri, bahwa Universitas Hang Tuah Surabaya semakin berkualitas. Sehingga tidaklah mengherankan, jika masyarakat dari pelbagai penjuru tanah air memilih Universitas Hang Tuah Surabaya sebagai jalur untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Berkat kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat tersebut, maka kualitas pendidikan dan kualitas tenaga pengajarnya sangat dijaga betul oleh pihak Universitas Hang Tuah Surabaya. Hal ini sesuai dengan visi dan misi yang diembannya.

Visi Misi Tujuan Universitas Hang Tuah Surabaya

Visi Universitas:
Menjadi pemuka dalam Tridarma Perguruan Tinggi yang berdasarkan pola ilmiah pokok ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kelautan dan atau kemaritiman.

Misi Universitas:
Mewujudkan peran serta TNI AL di bidang pendidikan tinggi dengan:
a.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan memenuhi standar mutu pendidikan berdasarkan pola ilmiah pokok ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kelautan.
b.    Mengembangkan penelitian yang inovatif, kreatif dan berkualitas, serta berguna bagi pengembangan iptek kelautan, kesejahteraan masyarakat, dan industri maritim.
c.    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan berguna bagi pengembangan iptek kelautan, kesejahteraan masyarakat, dan industri maritim.
d.    Menjalin kerja sama yang berkesinambungan dengan instansi terkait baik di dalam maupun di luar negeri.

Tujuan Universitas:
a.    Menghasilkan lulusan yang unggul dibidangnya dan berwawasan kelautan dan kemaritiman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
b.    Menghasilkan karya penelitian yang inovatif, kreatif, dan berkualitas yang bermanfaat bagi pengembangan iptek dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan industri maritim.
c.    Menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang inovatif, kreatif, dan berkualitas yang bermanfaat bagi pengembangan iptek serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dan industri maritim.
d.    Meningkatkan kerja sama yang berkelanjutan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Sejarah Universitas Hang Tuah Surabaya

Didorong oleh cinta tanah air dan tanggungjawab terhadap kehidupan serta kelangsungan hidup bangsa, khususnya dalam usaha untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa guna melahirkan dan membina sumber daya manusia (SDM)  yang ahli dan terampil di bidang kelautan, maka TNI AL telah membulatkan tekad untuk mendirikan suatu yayasan yang bergerak dibidang pendidikan tinggi.

Untuk mewujudkan tekad tersebut, maka pada 4 Maret 1987 telah dikukuhkan berdirinya Yayasan Nala dengan akta pendidrian Nomor 5 dihadapan notaris R. Soedjono di Surabaya. Yayasan Nala ini didirikan dengan maksud dan tujuan sebagai peran serta TNI AL dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan dibidang pendidikan tinggi sesuai dengan sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pendidikan yang dimaksud berwawasan kelautan, sehingga dapat mendukung tersedianya SDM yang ahli dan terampil dalam dunia kemaritiman dalam jumlah yang memadai.

Selanjutnya, pada 14 Maret 1987, pemimpin TNI AL membentuk panitia kerja persiapan pendirian Universitas Hang Tuah Surabaya yang beranggotakan lima orang perwira TNI AL, yakni Laksma TNI Anwar Afandi sebagai ketua, Kol. Laut (KH) Drs. Soekimin Pranoto sebagai wakil ketua, Letkol. (P) Kamidjo sebagai sekretaris, Kol Laut Budi Subagyo, Kol (Purn) Suradi, Letkol Laut (T) Sudarto, BA sebagai anggota.

Dengan usaha keras dari panitia kerja tersebut, maka pada 12 Mei 1987 bertepatan dengan Hari Pendidikan TNI AL, Universitas Hang Tuah Surabaya diresmikan oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI R. Kasenda. Untuk pertama kali yang menjabat sebagai rektor adalah Laksma TNI Suyoso Sukarno, Ph.D (Wakil Gubernur AAL).

Universitas Hang Tuah menyelenggarakan perkuliahan di Kampus Teluk Bayur No.6 Surabaya (eks gedung Mess Kowal). Fakultas-fakultas yang dibuka adalah: Fakultas Teknologi Kelautan, Fakultas Teknik, Fakultas Perikanan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Administrasi dan fakultas Hukum. Sementara badan Hukum (BPH) Yayasan Nala yang berkedudukan di Surabaya juga telah berhasil membentuk Ketua Harian yayasan Nala yang dijabat oleh Mayor Jenderal TNI (Mar) Edi Hidrosin (Gubernur AAL). Nama Nala diambil dari tokoh sejarah kerajaan Majapahit, seorang panglima Angkatan Laut Kerajaan Majapahit yaitu Laksamana Nala.

Dalam upaya pembinaan manajemen yang lebih terpadu, pada 20 April 1987, Kasal selaku Ketua Dewan Yayasan Nala, mengeluarkan beberapa surat keputusan (SK) penting tentang pengangkatan jabatan. Namun, karena padatnya tugas-tugas Kasal, maka berdasarkan SK Nomor 1322, tanggungjawab Ketua Dewan Pengurus Yayasan Nala dialihkan dari Kasal kepada Deputi Kasal Bidang Operasi berdasarkan akta nomor 10 Notaris R. Soedjono di Surabaya pada 23 Mei 1988.

Universitas Hang Tuah yang berwawasan kelautan, dapat menunjukkan secara jelas Pola Ilmiah Pokok (PIP), yakni ilmu dan teknologi kelautan, sesuai dengan aspirasi TNI AL dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Program studi S-1 dan program diploma III yang ada di Universitas Hang Tuah antara lain:
-    Program Diploma Kelautan dan Kemaritiman
-    Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan:
- Prodi Perikanan
- Prodi Teknik Kelautan
- Prodi Teknik Elektro
- Prodi Teknik Sistem Perkapalan
- Prodi Teknik Perkapalan
-    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
-    Fakultas Kedokteran
-    Fakultas Hukum
-    Fakultas Kedokteran Gigi
-    Fakultas Psikologi

Yayasan Nala juga membangun beberapa fasilitas kampus fakultas kedokteran di kompleks Rumah Sakit TNI AL (RSAL) DR. Ramelan Surabaya yang juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan fakultas kedokteran Universitas Hang Tuah.

Alamat Lengkap Kampus Universitas Hang Tuah Surabaya :
Jl Arief Rahman Hakim 150 Surabaya
Bagian Humas:
Telp. 031 594 5894031 594 5894
website : www.hangtuah.ac.id

 

 

 


Ucapan

SELAMAT
HARI PERS NASIONAL (HPN) Ke-68 Tahun 2014
"Melalui HPN, Mari Kita Berbagi Rasa Kemanusiaan
Atas Bencana Gunung Kelud"
PT JAWA METALINDO PRIMA INDUSTRI SIDOARJO
PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Darmo
Jl. Raya Diponegoro - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Perak
Jl. Perak Timur 82 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Rungkut
Jl. Jemursari No.6 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Karimun Jawa
Jl. Karimun Jaya - Surabaya


Lentera Hati

INILAH KIAT SUKSES MENJADI ISTRI SHOLEHAH
Istri cerdik yang sholehah, 
penawar hati penyejuk pikiran. 
Di rumah dia sebagai istri, di jalanan dia sebagai kawan, 
dikala suami ...
Baca Selengkapnya...
IBU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA
Oleh: Sri Kusnaeni, S. TP. ME.I *)


Bismillahirrahmaaniraahim…
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia akan memperingati hari tersebut ...
Baca Selengkapnya...
MARHABAN YA RAMADHAN
Mengucapkan:

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA
RAMADHAN 1433 HIJRIYAH

SD AL-ISHLAH
Jalan  Raya Rejeni No. 1 Desa Rejeni, ...
Baca Selengkapnya...

Jika JK Dipecat Golkar, Demokrat Siap Meminang

MAKASSAR ,publiknasional.com

Timbulnya wacana bakal dipecatnya M Jusuf Kalla oleh Partai Golkar jika diusung menjadi calon presiden dari parpol Partai lain memantik sikap yang Partai Demokrat Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baca selengkapnya...Link